Makalah Pembelajaran Berbasis Multimedia Presentasi
Link : Makalah Pembelajaran Berbasis Multimedia Presentasi | Download
Link : Power Point Pembelajaran Berbasis Multimedia Presentasi | Download
Link : Power Point Pembelajaran Berbasis Multimedia Presentasi | Download
DIANI : 15101156110003
TARA ANGRAINI PUTRI :
15101156110047
NIKMATUL KHAIRANI : 15101156110038
AZHARI
NUGRAHA :
151011561100
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
“YPTK”
PADANG
2017
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut asma Allah Yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah yang telah memberikan
taufik dan hidayah-Nya kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan
dengan baik, Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Suri Teladan kita, Nabi Muhammad SAW,
keluarga dan para sahabatnya yang membawa kebenaran bagi kita semua.
Makalah ini merupakan tugas mata
kuliah “PEMBELAJARAN BERBASIS TIK”. Makalah ini merupakan inovasi pembelajaran
untuk memahami mata kuliah tersebut secara mendalam, semoga makalah ini dapat berguna untuk
mahasiswa pada umumnya, Kami sebagai penulis mengharapkan
kemaklumannya jika dalam penulisan
makalah ini masih terdapat kekurangan dari segi cara penulisan, tata bahasa
maupun dari isi mutu penulisan. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati
yang paling dalam kami harapkan saran dan kritikan yang sifatnya membangun demi
kelengkapan dan kesempurnaan makalah ini
Ucapan terima kasih tak lupa pula kami
ucapkan,sebagai
wujud rasa syukur dengan tersusunnya makalah ini kepada semua pihak yang telah
berpartisipasi selama penyusunan makalah ini, yang telah dengan tulus ikhlas
membantu baik secara moril maupun materil, terutama kepada Dosen Pembina dan
teman-teman sekalian.
Padang, 9 Oktober 2017
DAFTAR ISI
Halaman Judul....................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
A.
Latar Belakang.......................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah..................................................................................... 1
C.
Tujuan Masalah......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................... 2
A.
DEFENISI MENYAYANGI
SESAMA................................................. 2
B.
DALIL DAN HADIST
TENTANG MENYAYANGI SESAMA......... 3
C.
KLASIFIKASI
MENYAYANGI SESAMA.......................................... 4
D.
KIAT-KIAT
MENUMBUHKAN RASA MENYAYANGI SESAMA. 7
BAB III PENUTUP............................................................................................. 8
A.
KESIMPULAN........................................................................................ 8
B.
SARAN..................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Peningkatan mutu
pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya
peningkatan kualitas sumber daya manusia. Disamping itu, hal yang sangat
penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Masalah ini pada
umumnya sering dihadapi oleh peserta didik karena masih cukup banyak yang belum
dapat mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Demi tercapainya prestasi
belajar yang memuaskan tersebut, pembelajaran berbasis multimedia menjadi
semakin umum digunakan dalam sistem pendidikan yang semakin maju dan disertai
dengan perkembangan teknologi.
Teknologi multimedia
menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar, untuk
memperoleh dan menyesuaikan informasi, dan sebagainya.
Pembelajaran berbasis multimedia
presentasi dapat meningkatkan kadar hasil belajar yang tinggi karena multimedia
presentasi dapat digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang bersifat
teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup
banyak. Media ini cukup efektif sebab
menggunakan multimedia projector yang
memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan
semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian
sehingga dapat mengakomodasi peserta didik yang memiliki tipe visual, auditif
maupun kinestetik.
B.
TUJUAN MASALAH
Tujuan dari penulisan
makalah ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang pembelajaran berbasis
multimedia presentasi, serta untuk memenuhi persyaratan tugas Mata Kuliah
Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
D.
RUMUSAN MASALAH
Untuk mengkaji dan memahami pembelajaran berbasis
multimedia presentasi, berikut adalah batasan-batasan masalah yang akan dibahas
pada bab-bab selanjutnya :
1.
Definisi pembelajaran berbasis multimedia
2.
Definisi media pembelajaran
3.
Program aplikasi presentasi
4.
Teknik pengembangan multimedia presentasi
5.
Kelebihan menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN PEMBELAJARAN BERBASIS
MULTIMEDIA
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda
untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio,
grafis, animasi dan video. Sehingga pengertian pembelajaran berbasis multimedia
itu sendiri dapat disimpulkan sebagai kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak
(video dan animasi) dengan menggunakan link
dan tool yang memungkinkan pemakai
untuk melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sajian pembelajaran berbasis multimedia presentasi merupakan sajian
pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya
teoretis digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group
belajar yang cukup banyak. Media ini
cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector
yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah
menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik,
dan sound menjadi satu kesatuan
penyajian sehingga dapat mengakomodasi peserta didik yang memiliki tipe visual,
auditif maupun kinestetik.
Hal ini didukung oleh teknologi perangkat keras yang berkembang cukup
lama. Disamping itu, perangkat lunak juga memungkinkan presentasi dapat dikemas
dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Dilihat dari kaidah pembelajaran, multimedia presentasi dapat meningkatkan
kadar hasil belajar yang tinggi, sangat ditunjang oleh penggunaan media
pembelajaran. Melalui media, potensi indra peserta didik dapat diakomodasi
sehingga kadar hasil belajar menjadi meningkat.
B.
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media berasal dari kata “medius” yang artinya tengah, “perantara” atau
“pengantar”. Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan
(Bovee, 1997). Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara peserta
didik, guru dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana
penyampai pesan atau media. Media yang digunakan dalam pembelajaran disebut
media pembelajaran, yang mempunyai fungsi sebagai perantara pesan.
Dalam pembelajaran, media memegang peranan
penting dalam mencapai sebuah tujuan belajar. Hubungan komunikasi antara
pendidik dan peserta didik akan lebih baik dan efisien jika menggunakan media.
Peranan penting tersebut yaitu, media sebagai alat bantu mengajar dan media
sebagai sumber belajar yang digunakan sendiri oleh peserta didik secara
mandiri.
Media pembelajaran adalah alat atau bentuk
stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media
pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat dan harus meningkatkan
motivasi belajar peserta didik. Selain itu, media juga harus merangsang peserta
didik mengingat apa yang sudah dipelajari serta memberikan rangsangan belajar
baru. Hal ini juga dapat mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan,
umpan balik dan juga mendorong peserta didik untuk melakukan praktek-praktek
dengan benar.
Dalam proses belajar mengajar, hal utama yang
harus diperhatikan oleh seorang pendidik dalam penggunaan media adalah
berkaitan dengan analisis manfaat dari penggunaan media tersebut. Ada beberapa
alasan yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran berkaitan
dengan analisis manfaat yang akan diperoleh. Berikut analisis manfaat yang
dikemukakan oleh Sudjana dan Rivai (2002:2) yaitu :
1)
Pembelajaran akan lebih
menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar,
2)
Metode pembelajaran akan
lebih bervariasi,
3)
Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih
dipahami oleh peserta didik serta memungkinkan peserta didik menguasai tujuan
pembelajaran lebih baik,
4)
Peserta didik lebih
banyak melakukan kegiatan belajar.
B.
PROGRAM APLIKASI PRESENTASI
Program aplikasi presentasi merupakan paket dari program komputer yang
digunakan untuk membantu penggunaannya dalam mengolah bahan presentasi.
Beberapa program aplikasi presentasi diantaranya yaitu :
1.
Corel
Presentation
Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini
dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Fitur tersebut seperti koleksi foto dan
gambar yang cukup banyak, font beragam
dan harganya lebih murah dari Microsoft
Office,
2. Kpresenter
Kpresenter adalah program presentasi yang merupakan bagian dari KOffice, paket aplikasi office terintegrasi untuk desktop KDE.
Format native Kpresenter adalah XML, dikompresi dengan zip. Kpresenter juga
dapat mengimpor presentasi dari Microsoft
Power Point, Magicpoint, dan OpenOffice,
org Impress,
3. Oo Impress
Openoffice.Org Impress dikenal dengan sebutan IMPRESS, adalah perangkat lunak untuk membuat
presentasi multimedia dari media interaktif.
4. Microsof Power Point
Microsoft
Power Point merupakan sebuah perangkat
lunak dari program aplikasi untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Program aplikasi presentasi
ini merupakan program yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini
oleh kalangan perkantoran, para pendidik, para peserta didik, dan masyarakat
umum untuk berbagai kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi
produk, meeting, seminar, lokakarya, dan sebagainya. Dengan menggunakan Power
Point, pendidik dapat membuat presentasi secara professional dan jika perlu
hasil presentasi tersebut dapat dengan mudah ditempatkan di server web sebagai
halaman web untuk diakses, sebagai bahan pembelajaran atau informasi lainnya.
Pogram aplikasi Power Point dirancang untuk mampu menampilkan program
multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, penggunaan serta relatif
murah karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data
(data storage).
C.
TEKNIK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
PRESENTASI
Membuat program presentasi multimedia dengan power point dapat dilakukan
dengan prosedur pembuatan seperti dibawah ini :
a)
Identifikasi
program, dimaksudkan untuk melihat kesesuaian antara program yang dibuat dengan
materi dan sasaran (peserta didik).
b)
Mengumpulkan
bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video,
gambar, animasi dan suara. Bersamaan dengan itu, dilakukan juga penyusunan
materi yang diambil dari bahan utama. Materi untuk power point sebaiknya
dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok pembahasan atau pointer-pointer.
c)
Setelah
bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya proses pengerjaan di
power point hingga selesai. Setelah itu, dapat mengubah hasil akhir presentasi
apakah dalam bentuk slide show, web pages, atau executable file (exe).
d)
Setelah
presentasi selesai dibuat dan tidak langsung digunakan, sebaiknya dilakukan
review program dari sisi bahasa, teks, tata letak, dan kebenaran konsep,
selanjutnya direvisi dan siap digunakan untuk dipresentasikan.
D.
KELEBIHAN MENGGUNAKAN APLIKASI
MULTIMEDIA PRESENTASI
Adapun kelebihan atau keuntungan dalam menggunakan multimedia interaktif
dalam media pembelajaran diantaranya sebagai berikut :
a.
Penggunaan
media yang relatif murah karena tidak membutuhkan bahan baku sebagai alat
penyimpanan data (data storage),
b.
Sistem
pembelajaran lebih kreatif, inovatif, dan interaktif,
c.
Pendidik
akan dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari bahan pembelajaran,
d.
Mampu menggabungkan antara teks, gambar,
audio, musik, animasi bergerak, atau video dalam satu kesatuan penyajian
sehingga dapat mengakomodasi peserta didik yang memiliki tipe visual, auditif
maupun kinestetik guna tercapainya tujuan pembelajaran tersebut.
e.
Menambah
motivasi belajar peserta didik selama proses belajar mengajar sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan,
f.
Mampu
memvisualisasikan materi yang sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan
penjelasan atau peraga yang konvensional,
g.
Melatih
peserta didik lebih mandiri dalam mendapatkan pengetahuan,
h.
Penggunaan
perangkat lunak multimedia dalam proses mengajar. Menurut Davis dan Crowther,
akan meningkatkan efisiensi dan motivasi, memfasilitasi belajar eksperimental,
konsisten belajar terpusat pada peserta didik serta dapat memandu untuk belajar
lebih baik.
i.
Dapat
meningkatkan daya tarik dan perhatian peserta didik, kualitas belajar dan sikap
belajar peserta didik dapat ditingkatkan,
j.
Dapat mengaktifkan
peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong
peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar,
k.
Penggunaannya
mudah dan fleksibel serta penyajian materi dapat dibuat/dirancang,
l.
Dapat digunakan secara individu,
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi mempunyai peranan penting
dalam peningkatan mutu pendidikan peserta didik saat ini. Dan, tidak dapat
dipungkiri bahwa perkembangan teknologi juga sangat erat hubungannya dalam
pembelajaran. Multimedia berbasis presentasi sangat membantu peserta didik
dalam memahami materi pembelajaran yang disajikan atau disampaikan oleh para
pendidik. Dengan menggunakan multimedia pembelajaran sangat membantu proses
belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang
diinginkan dari setiap materi pembelajaran.
B.
SARAN
Setiap pendidik diharapkan dapat menguasai beberapa
multimedia pembelajaran agar dalam penyajian materi tidak membosankan sehingga
peserta didik dapat lebih aktif dalam memberikan tanggapan dan juga mendorong
peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Pemilihan
multimedia pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan
serta dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok pembahasan atau
pointer-pointer.
DAFTAR PUTAKA
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
9iebblog2.blogspot.co.id/2013/03/konsep-dasar-multimedia-22.html
9a.rizki.blogspot.co.id/2011/10/program-aplikasi-presentasi.html
Komentar
Posting Komentar